Anak Suka Bermain Game? Hati-Hati Anak Kecanduan Game Online Ini

Di era internet sekarang ini, bermain game online sudah menjadi hobi anak-anak di kota besar. Bahkan tidak sedikit yang menjadi kecanduan game online sehingga mengganggu kesehariannya. Maka, wajar bila sebagai orang tua kamu perlu mengetahui jenis-jenis permainan yang cenderung menyebabkan kecanduan game online.

Dota 2

bahaya kecanduan game

Dota 2 (assets.vg247.com)

Dota 2 adalah sebuah permainan multiplayer online battle arena. Permainan ini membutuhkan kerja tim. Setidaknya dibutuhkan 10 orang yang terbagi ke dalam 2 tim. Masing-masing tim mempunyai markas di pojok peta. Pada markas terdapat bangunan bernama ancient.

Kunci permainan ini adalah setiap tim harus berupaya menghancurkan ancient yang lain untuk memenangkan pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter hero yang fokus pada peningkatan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan. Tidak sedikit anak yang kemudian kecanduan game ini karena keseruannya.

Namun, orang tua patut memperhatikan kepantasan anak bermain game ini. Banyak tampilan perkelahian, kekerasan, dan gambar vulgar dalam Dota 2. Sebaiknya ajak anak berdialog, berikan pemahaman secara perlahan bahwa permainan ini tidak sesuai untuk dirinya.

Lost Ark

bahaya kecanduan game lost ark

Game Online Lost Ark (i.ytimg.com)

Game MMORPG  dari Korea Selatan ini sangat ngetop di kalangan remaja. Game action RPG ini didukung dengan teknologi terbaru, lengkap dengan beragam efek yang membuat tampilan serangan visualnya sangat memukau. Dengan lebih dari 18 karakter dan kelas yang bisa digunakan, Lost Ark mampu memikat para anak-anak untuk betah memainkannya.

Meskipun game online ini bisa membantu anak mengembangkan daya imajinasinya, tetapi orang tua tetap harus bisa membatasi durasi bermain anak. Jangan sampai anak memilih bergaul dengan dunia maya ketimbang bermain bersama kawan-kawan di lingkungan sekitarnya.

Counter Strike: Global Offensive

cara mengatasi kecanduan game online counter strike

Counter Strike: Global Offensive (igg-games.com)

Game online satu ini adalah game dengan mode first-person shooter. Pemain dapat bergabung ke dalam kelompok ‘teroris’ atau pun ‘anti-teroris’. Counter Strike akan mengajak pemain untuk menyelesaikan beberapa misi tertentu, termasuk melenyapkan kelompok musuh.

Banyak gamer yang kecanduan game ini karena dibandingkan dengan game FPS lainnya, game ini mempunyai banyak kelebihan, yaitu senjata yang lebih bervariasi, fitur peta, dan keragaman karakter. Game ini juga mampu menampung hingga ratusan ribu orang pemain secara online.

Beberapa jenis permainan online memang mampu mengasah kemampuan berpikir logis, analitis, dan kritis dari anak. Namun, bila dimainkan secara berlebihan bisa saja hasilnya anak kecanduan game online. Dalam hal ini, orang tua memegang peranan penting sebagai pengingat dan pendamping anak. Jangan sampai permainan malah membuat anak terasingkan dari lingkungan dan menghambat perkembangan kecerdasan sosialnya. Karena tumbuh kembang anak yang optimal hakikatnya adalah tujuan parenting yang sesungguhnya.

Comments