8 Cara Agar Anak Cepat Bicara Ini Wajib Bunda Coba!

Menginjak usia 1 tahun, biasanya orang tua mulai bertanya-tanya kapankah buah hatinya mulai berbicara. Tak jarang, kekhawatiran ini semakin memuncak seiring dengan pertambahan usia si kecil. Padahal selama Anda memberikan stimulasi yang tepat, anak akan mulai berbicara dengan sendirinya. Untuk itu, Anda wajib mencoba cara agar anak cepat bicara berikut ini.

1. Ajak Anak Bercakap-Cakap

Meskipun si kecil belum bisa berbicara, tapi Anda harus tetap mengajaknya mengobrol, lho. Kenapa? Karena dengan mengajaknya bercakap-cakap, ia akan belajar cara meniru kata yang Anda gunakan.

Yang perlu diingat, ajaklah si kecil berbicara di setiap aktivitas yang ia lakukan bersama Anda. Mulai dari menyapanya ketika ia bangun tidur, waktu mandi, makan, sampai saat jelang tidur. jangan lupa untuk menggunakan kata dan kalimat yang baku, ya.

2. Gunakan Intonasi yang Jelas

Si kecil masih membutuhkan waktu untuk fokus terhadap apa yang Anda katakan kepadanya. Itulah sebabnya terkadang anak-anak terlihat tidak mendengarkan Anda.

Solusinya, berbicaralah kepada anak dengan intonasi yang jelas. Bersabarlah tatkala, anak kurang mendengarkan Anda. Pastikan gestur Anda turut berperan.

cara agar anak cepat bicara lancar

Ajari Anak Berbicara Secara Bertahap (i.huffpost.com)

Ketika berbicara dengan si kecil, pastikan mata Anda dan matanya dalam posisi sejajar. Hal ini akan membantu anak untuk lebih mudah memahami maksud Anda dan memberikan respons.

3. Perkenalkan Barang-Barang di Sekitarnya

Dunia adalah hal baru baginya. Untuk itu perkenalkan ia dengan semua hal di sekitarnya. Mulailah dengan benda-benda yang kerap dia gunakan.

Bukan hanya menjelaskan nama benda, akan lebih baik bila Anda juga memberitahukan warna benda tersebut. Ulang-ulanglah proses ini. Bila ia merasa kesulitan mengingat barang, Anda bisa membuat papan nama kecil untuk membantunya.

Pengenalan nama ini tidak hanya berlaku untuk benda, tapi termasuk nama tempat. Misalnya, toilet, ruang makan, hingga kamar tidur.

4. Konsisten dalam Menjelaskan Kata

Pada poin ini, ibu dan ayah harus kompak, ya. Gunakan kata yang sama dalam menjelaskan sesuatu. Bila Anda tidak konsisten dalam menjelaskan sesuatu, wajar saja bila anak menjadi bingung. Ketika ini terjadi, tak ayal si kecil akan kembali menggunakan bahasa isyarat.

Konsistensi juga berarti untuk semua orang yang berinteraksi dengan si kecil. Dalam hal ini keluarga besar. Pastikan keluarga tidak menggunakan ungkapan dari bahasa daerah yang kemudian membuat anak bingung karena berbeda dengan penjelasan dari orang tuanya.

cara agar anak cepat bicara dengan menyenangkan

Belajar Bicara Sambil Bermain (laspeechtherapysolutions.com)

5. Belajar Kata dengan Permainan Kesukaan Anak

Si kecil suka menari? Ajaklah dia bermain kata sambil menari. Caranya bisa dengan menyebutkan bagian tubuh seperti kepala, lutut, kaki, atau menyebutkan kata sambil menunjukkannya dengan gerakan tari.

Bila anak suka menggambar, maka ajaklah dia mengenali kata dari benda yang digambarnya. Apapun itu, terus dampingi anak dan ajak dia berkomunikasi dengan Anda.

Hampir semua permainan membutuhkan interaksi. Pilihlah permainan favoritnya dan ikutlah bermain bersama anak. Jangan lupa ajak dia mengobrol sembari bermain.

Tidak apa jika dia masih menggunakan kalimat yang belum sempurna. Alih-alih mengikuti ucapannya, Anda harus membetulkan kata yang ia gunakan. Misalnya; bila si kecil mengatakan “num duyu” maka Anda harus mengulangi ucapannya dengan kata yang benar yakni, “minum dulu”.

6. Bacakan Buku

Langkah ini terbilang efektif untuk membiasakan anak dengan kalimat-kalimat yang lengkap. Tentu Anda harus memilih buku cerita sesuai dengan usia anak.

Semakin kecil usianya, maka bacakan ia buku dengan kisah yang pendek. Sebaliknya, semakin besar usianya, maka Anda bisa membacakannya cerita dengan kalimat yang lebih banyak.

Saat bercerita, Anda harus tetap berinteraksi dengan anak. Sesekali tatap wajahnya, dan biarkan ia bertanya. Bila anak tampak bosan, jangan lanjutkan acara membaca. Tawarkan untuk mengganti bacaan atau aktivitas lainnya.

Namun yang penting untuk Anda perhatikan adalah konten ceritanya. Pastikan memang layak untuk menjadi bahan bacaan bagi si kecil.

7. Berikan Semangat pada Anak

Memberikan pujian atas upayanya berbicara kepada Anda adalah wajib dilakukan. Buat dia merasa termotivasi untuk berbicara. Jangan membuatnya merasa enggan berkomunikasi verbal.

Caranya adalah dengan mengarahkan anak untuk selalu mengatakan apa yang diinginkan, ketimbang hanya membuat gerakan atau isyarat saja. tentunya, orang tua harus melakukan ini secara perlahan. Jangan memaksakan anak, ya.

cara agar anak cepat bicara sebaiknya dilakukan dengan tenang

Bersabar dalam Mengajarinya Berbicara (livescience.com)

8. Mengajak Anak Berwisata

Berwisata akan membuat anak gembira karena bisa melihat hal-hal baru. Cara ini bisa menarik minat mereka dan membuat anak penuh dengan rasa ingin tahu.

Hal tersebut sangat baik, karena akan menstimulasi anak untuk berbicara. Bantu anak untuk belajar berbicara dengan menunjukkan berbagai tempat sambil bercerita padanya.

Kunci utama dalam mengajarkan anak berbicara adalah kesabaran. Tidak sedikit orang tua yang mencap anaknya memiliki kelainan, hanya karena keterlambatan bicara. Padahal, kadang penyebabnya hanyalah kurang dorongan untuk berkomunikasi verbal.

Ingat, hingga usia 2 tahun setidaknya anak perlu diberikan kesempatan untuk belajar bicara bersama Anda. Selain usia, yang juga perlu diperhatikan adalah adanya respons anak terhadap stimulasi verbal yang Anda berikan.

Cobalah semua cara agar anak cepat bicara ini. Namun bila si kecil belum menunjukkan kemajuan, maka tak ada salahnya untuk mengonsultasikan kondisi ini kepada dokter anak.

Comments