Tahukah Bunda? 5 Tanda Ini Adalah Cara Bayi Menunjukkan Cinta

Tidak ada yang bisa menandingi kasih sayang Ibu kepada anaknya. Sejak si kecil terbentuk di dalam rahim, hingga dia dilahirkan, Ibu senantiasa menunjukkan tanda cinta dengan beragam tindakan. Mulai dari mengajak berbicara, membelai perut, sampai tidak lupa mendoakan kesehatan si kecil.

Cinta Bunda tidak pernah bertepuk sebelah tangan. Si kecil pun dapat menunjukkan cintanya kepadamu. Memang tidak dengan kata-kata. Namun, bayi memiliki caranya sendiri dalam menyampaikan cintanya kepada sang Ibu.

Menatap dan Tersenyum

Bayi memang sudah mulai membuka mata sejak dia terlahir ke dunia. Tetapi, bukan berarti dia telah mampu melihat dengan sempurna. Dunia hanya tampak seperti bayang-bayang baginya.

Hal ini yang membuat bayi mudah merengek. Hanya satu yang membuatnya nyaman. Pelukan hangat dan suara Bunda.

Saat menginjak usia 4 bulan, barulah bayi mampu melihat warna. Pada momen inilah bayi bisa melihat sosok Ibunya. Maka, ketika dia kemudian memandang matamu dan tersenyum, yakinlah bahwa dia sedang menunjukkan cinta.

Tatapan mata dan senyuman si kecil adalah cara pertama dia menyampaikan rasa cintanya. Kecil, namun sarat makna. Biasanya saat ini terjadi, Bunda tidak akan sanggup menahan air mata haru dan bahagia.

Bayi Memberikan Senyuman

Bayi Tersenyum (www.pregmed.org)

Merengek Bila Ditinggal

Jangan takut si kecil ‘bau tangan’. Sebenarnya istilah semacam ini tidaklah benar. Hal yang wajar bila bayi merengek karena tidak mau ditinggalkan.

Ingat, dia baru saja mengenal dunia dan lingkungan sekitarnya. Pelukan atau dekapan hangat adalah hal yang dapat membuatnya nyaman dan merasa aman.

Jangan khawatir Bunda. Bayi yang tumbuh dengan pelukan dan gendongan cenderung tumbuh menjadi pribadi yang lebih peka. Para ahli meyakini, perkembangan psikologis anak akan berlangsung optimal melalui interaksi fisik ini.

Karena, rengekannya adalah tanda bahwa dia mencintai Bunda. Tanda bahwa dia membutuhkan Bunda. Ingatlah, kalau hal ini tidak akan berlangsung lama. Kelak dia akan tumbuh dengan cepat dan mandiri.

Merespons Suara Bunda

Percaya atau tidak, bayi akan berupaya berkomunikasi dengan Bunda. Menggunakan gumaman, bayi mencoba untuk berbicara kepada Ibunya.

Jika si kecil pernah melakukan ini, maka lihatlah itu salah satu caranya menyatakan cinta. Meskipun masih bayi, jangan meremehkan caranya menyampaikan sesuatu, ya. Responslah pernyataannya dengan dekapan, ciuman, dan panggilan sayang.

Saat bersamaan, ajaklah dia berbicara. Bayi akan mengerti dengan caranya sendiri. Dan tentunya, bayi yang sering diajak berinteraksi verbal biasanya lebih cepat bisa bicara.

Rewel Saat Bersama Bunda

Kenapa, ya saat dititipkan ke neneknya atau pengasuh, si kecil tenang, tapi ketika Bunda ada justru mudah merengek? Jangan cemas, Bunda.

Itulah cara bayi Bunda menyampaikan betapa dia merindukan dan menyayangi Bunda. Dia membutuhkan keberadaan Bunda dan menyampaikan kekesalannya saat dititipkan.

Bayi yang lebih rewel saat bersama Ibunya, biasanya karena dia lebih merasa rileks dengan Ibunya ketimbang bersama orang lain. Nah, justru Bunda harus bersyukur. Berarti Bunda sangat dicintai oleh si kecil.

Suka Mencium dan Menggigit

Terkadang bayi menarik puting saat sedang menyusui. Bahkan tidak jarang beberapa bayi menarik-narik puting Ibu, seakan berpura-pura sedang menyusu.

Ini adalah cara bayi Bunda menunjukkan rasa sayangnya. Tindakan manja ini merupakan salah satu tanda pernyataan cinta bayi kepada Bunda.

Alih-alih bersikap marah, cobalah perlahan memberitahu si kecil bahwa hal itu terasa sakit. Sulit dipercaya, namun bayi akan mengurangi intensitas menggigitnya.

Bukan hanya suka menarik puting, bayi juga suka mencium dan mengigit wajah atau tangan Ibunya. Hal ini juga caranya menunjukkan cinta dan sayangnya. Lucunya, dia pun merasa gemas terhadap Bundanya.

Bayi sangat peka terhadap rasa sayang dan cinta. Terutama dari Bunda yang telah mengandung, melahirkan, kemudian menyusui dan membesarkannya.

Maka, berilah si kecil porsi lebih dalam kasih dan sayang. Bersikaplah lebih peka terhadap cara bayi menyampaikan cinta kepada Bunda. Karena sebagian Ibu kadang terlupa, dan mengabaikan tanda cinta dari sang buah hati.

Comments