Lima Jenis Imunisasi Dasar Lengkap untuk Bayi

Imunisasi adalah pemberian vaksin kedalam tubuh untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit. Imunisasi dasar dilakukan sedini mungkin sejak bayi dilahirkan. Dengan memberikan imunisasi dasar, diharapkan dapat mencegah penyakit, kemungkinan cacat, bahkan kematian. Berikut adalah lima jenis imunisasi dasar lengkap untuk anak yang wajib kamu ketahui.

Imunisasi Hepatitis B

Penyakit hepatitis B sangatlah berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati. Pemberian vaksin sebanyak tiga kali kepada bayi, terbukti mampu mencegah infeksi penyakit hepatitis B hingga 75%. Pemberian pertama idealnya diberikan sedini mungkin, yakni persis setelah bayi lahir dan maksimal sebelum mencapai 12 jam pasca kelahiran. Pemberian selanjutnya bisa dilakukan saat bayi berusia 2, 3, dan 4 bulan bersamaan dengan vaksin DPT.

imunisasi dasar lengkap untuk bayi

Imunisasi Dasar untuk Bayi (i.ytimg.com)

Imunisasi BCG

Bacille Calmette Guerin (BCG) adalah vaksin yang berguna untuk mencegah tuberculosis (TBC). Penyakit yang disebabkan oleh infeksi Mycobacterium tuberculosis ini sangat berbahaya terhadap tumbuh kembang bayi. Pemberian vaksin bisa dilakukan saat bayi berusia 1 bulan.

Imunisasi Polio

Polio merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat mengakibatkan kelumpuhan. Menurut penelitian, imunisasi polio terbukti 90% efektif untuk mencegah terjadinya infeksi. Pemberian vaksin harus dilakukan empat kali berturut-turut, dimulai dari usia bayi 1 sampai 4 bulan.

Imunisasi DPT

DPT merupakan gabungan dari 3 jenis vaksin, yaitu Difteri, Pertussis, dan Tetanus (DPT). Vaksin ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan jantung dan saraf, batuk rejan, dan juga tetanus. Pemberian vaksin perlu dilakukan tiga kali berturut-turut yang dimulai dari usia bayi 2 sampai 4 bulan. Vaksin ini juga dapat diberikan bersamaan dengan vaksin Hepatitis B.

Imunisasi Campak

Campak adalah salah satu jenis penyakit kulit yang menular dan berakibat fatal. Menurut penelitian, anak yang memperoleh vaksi campak, mampu mencegah terjadinya infeksi hingga 90%. Vaksin ini bisa diberikan saat bayi mencapai usia 9 bulan.

Kelima jenis imunisasi dasar tersebut dapat diperoleh di rumah sakit, puskesmas, dan posyandu. Pastikan Bunda memberikan imunisasi dasar dari klinik atau rumah sakit resmi yang tepercaya, ya. Ayo, cegah berbagai penyakit dengan memberikan imunisasi pada sang buah hati.

Comments