Kenali Gejala Flu Singapura dan Cara Mengatasinya

Banyak yang masih belum mengetahui seperti apa gejala Flu Singapura. Flu Singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Penularannya dapat terjadi melalui air liur atau tinja. Untuk dapat memberikan penanganan yang cepat dan tepat, maka Bunda perlu mengenali gejala Flu Singapura pada anak.

Gejala biasanya bisa muncul secara bersamaan atau bertahap. Yang perlu Bunda ketahui adalah memperhatikan perubahan kondisi tubuh si kecil. Pada sebagian anak, gejala ini masih dapat diatasi. Namun bagi sebagiannya lagi, anak bisa menunjukkan kondisi yang cukup serius dan membutuhkan penanganan khusus.

Demam

Anak biasanya mengalami demam dengan suhu tubuh sekitar 38°-39°C. Bunda perlu memperhatikan jika terjadi peningkatan suhu atau bila anak menunjukkan kejang. Hindari menyelimutinya, justru biarkan tubuh anak berkeringat. Seka tubuh anak secara berkala dan pastikan asupan cairannya tinggi.

Sariawan

Muncul bintik-bintik merah didalam mulut yang akhirnya bisa menjadi luka atau lecet seperti sariawan. Kondisi ini tentunya akan membuat nafsu makan anak akan menurun karena sulit menelan.

Muncul Ruam

Pada telapak tangan dan kaki, biasanya muncul ruam. Ruam adalah bintik-bintik merah datar dan terkadang berisi cairan. Ruam ini bisa muncul dibagian lutut, siku, bahkan di daerah genital.

Gangguan Pencernaan

Bila anak telah menunjukkan gejala diare, muntah atau tidak bisa makan dan minum, maka sebaiknya kamu bersiap membawa si kecil ke rumah sakit. Terlebih jika kondisi anak terlihat lesu dan lemah.

Sebenarnya penyakit flu singapura tidak memerlukan pengobatan secara khusus. Kondisi ini biasanya akan pulih dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan meringankan gejala-gejala akibat infeksi flu singapura.

  1. Berikan banyak minuman yang mengandung mineral agar terhindar dari dehidrasi. Minuman dingin juga dapat memberikan rasa nyaman dan meredakan sakit pada tenggorokan. Meski sebaiknya diberikan saat demam anak telah turun.
  2. Jangan memberikan makanan atau minuman asam dan pedas, karena bisa membuat luka di mulut dan akan terasa lebih perih. Disarankan memberikan makanan lunak.
  3. Untuk meredakan nyeri dan demam, berikan paracetamol. Tentu pemberian obat harus melalui resep dokter, ya.

Gejala flu singapura memang terbilang sulit dikenali. Tetapi, jangan cemas. Jika asupan makanan dan cairan anak selalu terjaga, maka si kecil dapat pulih dalam waktu singkat.

Comments