Kendalikan Alergi Pada Anak dengan Mengontrolnya

Alergi merupakan salah satu penyakit yang sering ditimbulkan oleh anak kecil. Penyakit alergi ini tidak boleh disepelekan karena dapat mengakibatkan penyakit yang berkelanjutan yang dapat membahayakan kesehatan anak. Jika anak memiliki penyakit alergi maka ketahuilah penyebabnya. Pada umumnya alergi pada anak dapat disebabkan oleh berbagai macam. Biasanya penyebab alergi tersebut akan menimbulkan gejala-gejala alergi pada tubuh anak. Gejalanya pun berbeda-beda, ada yang alergi sistem pencernaan maka gejalanya akan sering mencret-mencret atau diare. Jika hal ini terjadi pada anak maka Anda sebagai orang tua perlu mengendalikan alergi tersebut. Karena dengan mengendalikan alergi pada anak maka akan membantu menjaga kesehatan anak. Kendalikan alergi yaitu mengambil tindakan pencegahan atau pengobatan sesuai dengan saran dokter.

alergi pada anak

Kenali Penyebab Alergi Si Kecil (3.bp.blogspot.com)

Alergi dapat ditimbulkan karena beberapa faktor, seperti makanan, serangga, zat kimia, obat, serta pergantian musim. Jika Anda mengetahui bahwa anak memiliki penyakit alergi, maka Anda perlu menjaga nutrisi yang masuk dalam tubuhnya. Hindarilah makanan-makanan yang dapat menimbulkan alergi. Biasanya jenis makanan yang dapat menimbulkan alergi pada anak adalah telur, susu, udang, kacang-kacangan dan lainnya. Jika anak memiliki alergi makanan seperti susu maka nutrisi yang baik untuk pencegahannya adalah dengan memberikan ASI.

 

ASI merupakan zat pilihan yang di dalamnya mengandung antibody dan probiotik yang dapat melindungi saluran pencernaan anak dari zat allergen. Karena itu pemberian ASI bagi anak merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh seorang ibu agar mencegah berbagai penyakit yang dapat masuk ke dalam tubuh anak. Apalagi jika anak tersebut masih berumur dibawah 6 bulan, maka kondisi kesehatannya harus dijaga dengan baik.

 

Semua jenis makanan pada dasarnya memiliki potensi yang dapat menimbulkan alergi pada tubuh anak. Karenanya jika mengetahui anak memiliki alergi maka sebagai orang tua harus bisa ketahui masalah alergi anak pada anak tersebut. jika anak alergi pada makanan seperti kacang-kacangan, maka hindarilah produk makanan yang mengandung bahan dasar kacang seperti selai kacang atau bubur kacang.

Comments