Tata Cara Memilih Nama Anak Perempuan dan Lelaki dalam Islam

Memilih nama untuk sang buah hati bukanlah perkara yang mudah. Kenapa demikian? Karena, nama adalah doa. Memilih nama anak perempuan atau pun anak lelaki, keduanya membutuhkan pertimbangan yang matang.

Nama yang indah dan menarik belum tentu sesuai dengan tuntunan agama. Sebaliknya, nama yang dianggap biasa saja justru mungkin malah lebih memudahkan pergaulan anak di masa depan. Tidak jarang nama yang menyulitkan pelafalan atau bermakna ambigu, malah berakibat buruk bagi anak.

Namun, Anda tak perlu risau. Anda dapat mengikuti tata cara yang islami dalam menentukan nama si kecil. Berikut ini adalah beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui, sebelum memutuskan nama untuk anak Anda.

Mengetahui Nama yang Diharamkan dan Makruh

Ada beberapa nama yang dilarang untuk digunakan dalam Islam. Beberapa nama tersebut menjadi haram karena tidak sejalan dengan aturan yang dianjurkan dalam penamaan anak. Berikut ini adalah beberapa nama yang diharamkan dan makruh digunakan.

nama bayi perempuan

bayi perempuan (s-media-cache-ak0.pinimg.com)

  1. Memberikan nama anak yang menggunakan sifat-sifat Allah dengan disertai tanda ma’rifah (Al). Contohnya adalah Al-Furqon (Maha Pembeda), Al-‘Aziz (Maha Kuasa), dan seterusnya.
  2. Nama yang berasal dari Asma’ul Husna secara lengkap. Sebagai contoh; nama Al-Khaliq (Sang Pencipta) atau Ar-Rahman (Sang Pengasih), dan sejenisnya.
  3. Memilih nama yang dibuat dengan makna penghambaan kepada selain Allah. Misalnya dengan menggunakan nama Abdun Nabi (Hamba Nabi), Abdul Ka’bah (Hamba Kakbah) dan sejenisnya.
  4. Menggunakan nama yang bermaksud memuji diri sendiri secara berlebihan (tazkiyyah).

Adapun perihal pemilihan nama yang memuji berlebihan disinggung dalam hadis berikut ini.

“Sesungguhnya nama yang paling dibenci oleh Allah adalah seseorang yang bernama Malakul Amlak (rajanya diraja)” (H.R. Bukhori Muslim).

  1. Memilihkan nama yang berasal dari nama-nama syaithon. Contohnya adalah menamakan anak dengan nama Al-Ajda’.
  2. Menamai anak dengan nama-nama orang yang berakhlak buruk. Sebagai contoh, memberi nama anak berdasarkan tokoh yang dikenal buruk perangainya. Contoh lain adalah, menamakan anak dengan nama orang yang berlaku fasik atau berzina.
  3. Beberapa ulama memakruhkan nama yang dibuat dengan menggunakan nama-nama surat dari Alquran.

Memilihkan Nama dengan Arti yang Baik

Nama sejatinya harus dipilih berdasarkan kata yang bermakna baik. Hal ini dipercaya akan memengaruhi akhlak sang anak ketika tumbuh dewasa. Meski, tentu saja akhlak sang buah hati pun sangat dipengaruhi oleh pola asuh dan pendidikan dari orang tua dan lingkungannya.

nama anak perempuan dan lelaki

Bayi Laki-Laki (4.bp.blogspot.com)

Dalam hal ini, nama dengan arti yang baik bisa dipilih dari nama tumbuhan. Perlu Anda ketahui, penggunaan nama tumbuhan telah digunakan sejak dulu oleh para mukminin. Sebagai contoh adalah penggunaan nama Salamah, Hanzalah, dan Tahlah.

Menggunakan kata sifat pun boleh digunakan sebagai nama. Beberapa contohnya antara lain adalah, Salim dan Ahsan.

Memberikan Nama Berdasarkan Nama Orang yang Saleh

Penggunaan nama berdasarkan nama para Nabi dan sahabat adalah salah satu opsi yang bisa Anda lakukan. Hal ini pun didukung oleh adanya hadis berikut ini.

“Sesungguhnya mereka memberikan nama (pada anak-anak mereka) dengan nama-nama para nabi dan orang-orang saleh” (HR. Muslim).

Dalam hal ini, ada banyak pilihan nama yang bisa Anda pilih. Mulai dari nama-nama istri Rasulullah atau pun nama para sahabat nabi. Tak sedikit pula yang menamai anak dengan merujuk pada nama para sahabat yang syahid saat perang.

Menggunakan Nama yang Mudah Diucapkan

Pelafalan akan memengaruhi makna suatu kata. Syukurlah, lidah orang Indonesia lebih mudah dalam melafalkan kata berbahasa Arab atau bahasa asing lain.

nama bayi perempuan

Bayi Mungil (cdn.brilio.net)

Nama yang Anda pilih untuk si kecil tak mesti berbahasa Arab, kok. Meski memang lebih dianjurkan menggunakan nama berbahasa Arab.

Asalkan bermakna baik dan tidak termasuk dalam nama yang haram atau makruh, tak mengapa memilih nama apa pun. Yang terpenting, jangan lupakan unsur doa pada nama anak, ya.

Mengetahui Waktu Pemberian Nama yang Terbaik

Perlu diketahui, ada panduan tertentu terkait waktu penamaan anak. Jangan salah, waktu ini dianjurkan berdasarkan sunah atau contoh dari Rasulullah, lho. Berikut adalah ketentuan waktu dalam memberikan nama anak.

memberikan nama anak perempuan

Menggendong Si Kecil (tesco-baby.com)

  1. Memberikan nama kepada anak saat dia baru dilahirkan.
  2. Memberikan nama kepada anak pada hari ketiga setelah kelahirannya.
  3. Memberikan nama kepada anak setelah mencapai hari ketujuh dari kelahirannya.

Menggunakan Nasab Ayah

Nah, satu lagi poin yang tak kalah penting dalam penamaan anak adalah penggunaan nasab. Tidak sedikit orang tua yang lalai dalam menyematkan nasab pada nama anak mereka.

Sebenarnya hal ini memang kurang lazim dilakukan di Indonesia. Kenapa? Karena cukup jarang orang Indonesia yang mempunyai nama keluarga. Biasanya nama marga hanya dimiliki oleh sebagian suku di tanah air. Sisanya, lebih banyak yang menggunakan nama modern saja.

Namun meski tak memiliki nama keluarga khusus, Anda bisa menggunakan nama Ayah si anak untuk dijadikan bagian dari nama anak. Sesuai contoh dari umat muslim terdahulu, nama biasanya terdiri dari sekurangnya 2 suku kata. Nama si anak dan nasabnya.

memberi nama anak perempuan

Menamai Anak Setelah Aqiqah (scontent.cdninstagram.com)

Lalu bagaimana bila lebih dari 2 suku kata? Tidak mengapa. Tidak ada larangan untuk memberikan nama anak lebih dari 2 suku kata.

Penting untuk diingat, nama anak tidak boleh mengambil nasab atau menyematkan nama keluarga dari pihak Ibu. Anak wajib menggunakan nasab dari pihak Ayah.

Selain panduan untuk memilih nama anak perempuan dan lelaki yang telah dipaparkan di atas, berikut ini adalah beberapa contoh nama yang bisa Anda gunakan.

Nama Anak Perempuan

Afifa Fitriya artinya suci dan memiliki harga diri

Afifah Khairunnisa artinya lembut dan sebaik-baiknya wanita

Afiyah Kamila artinya sehat dan sempurna

Aidah Farihah artinya wanita yang merayakan hari raya dan bergembira

Ainun Mahya artinya mata yang bersinar

Aisha Alifa artinya ramah dan lemah lembut

Aisyah Farah artinya wanita yang cantik dan ceria

Akifa Naila artinya rajin beribadah dan senang memberi

Amalia Syarifah artinya wanita dengan cita-cita yang mulia

Amirah Rahimah artinya wanita pemimpin yang penyayang

Anisah Rasyidah artinya wanita yang cerdas dan bijak

Annisa Faiha artinya wanita yang memiliki banyak kelebihan

Ariqah Fatinah artinya wanita yang baik budi dan menarik

Aulia Izzatunnisa artinya wanita yang utama, dipenuhi cinta, dan mulia

Balqis Bahiyyah artinya ratu dengan keindahan

Basima Shalihah artinya senyum wanita yang shalihah

Basyarah Salamah artinya kabar gembira yang memberikan keselamatan

Hanifah Atikah artinya wanita bijaksana yang cantik parasnya

Haura Arifah artinya wanita berkulit putih yang berhati baik

Hasna Nabila artinya wanita yang cantik dan cerdik

Nama Anak Laki-Laki

Abdullah artinya hamba Allah

Aminullah artinya kepercayaan dari Allah

Abdul Wafi hamba Allah yang sempurna

Alimun Hanif artinya lelaki berilmu yang menjalankan agama dengan baik

Amin Zuhdi artinya lelaki yang bisa dipercaya dan rendah hati

Athallah Syarifuddin artinya laki-laki yang mendapatkan anugerah dari Allah dan kemuliaan

Dzaky Dzulhilmi artinya cerdas, pandai dan sabar serta santun

Fadhilah artinya keutamaan

Rafif artinya baik budi pekertinya

Muhammad artinya yang terpuji

Fadlan Arkhan artinya memiki keutamaan dan mulia

Masih banyak lagi contoh nama lain yang bisa Anda pilih. Anda pun bisa memadupadankannya sesuai keinginan, selama tak menyalahi aturan penamaan anak dalam Islam. Pastikan nama anak perempuan atau laki-laki yang Anda berikan menjadi doa tulus untuk si kecil.

 

Dirangkum dari berbagai sumber; NF, QS, NAP, ID.

Comments