5 Tempat Wisata Edukatif di Bogor yang Cocok Untuk Anak

Mengajak anak jalan-jalan adalah salah satu cara terbaik untuk membuatnya tersenyum. Dengan mengajak mereka jalan-jalan, orangtua juga bisa menghibur diri setelah lelah bekerja selama seminggu. Tapi untuk mengajak anak-anak, kamu harus cermat memilih tempat wisata yang cocok untuk mereka. Sebaiknya, pilihlah destinasi liburan yang bukan cuma sekedar bermain, tapi juga mengandung edukasi untuk membantu tumbuh kembang anak secara fisik, pikiran, dan psikologi.

Jika kamu bingung memilih tempat liburan yang ramah anak, datang saja ke Bogor. Di Kota Hujan ini ada banyak destinasi wisata menarik yang juga baik untuk mengedukasi anak. Tapi sebelum kamu melakukan Booking hotel murah di Bogor catat dulu beberapa destinasi seru di Bogor yang cocok untuk anak berikut ini:

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata yang ada di Cileungsi ini layak masuk dalam daftar tempat liburan yang baik untuk anak. Ini karena mengajak anak bermain di tempat yang dipenuhi berbagai tanaman sangat baik untuk membantu tumbuh kembangnya.

tempat wisata edukatif di bogor

Bermain di Taman Buah Mekarsari (pbs.twimg.com)

Di Mekarsari, ada ribuan varietas tanaman buah yang cocok untuk mengenalkan anak-anak tentang buah-buahan. Di sini juga ada ratusan ribu pohon yang tumbuh secara subur. Artinya, ada banyak oksigen yang bisa dihirup oleh anak-anak. Selain itu, Taman Wisata Mekarsari punya berbagai wahana menyenangkan seperti permainan air dan outbond.

Taman Zoologi

Kalau Taman Wisata Mekarsari baik untuk mengenalkan anak-anak tentang tumbuhan dan buah-buahan, Taman Zoologi yang ada di Kebun Raya Bogor cocok untuk mengenalkan anak berbagai hal tentang binatang.

tempat edukasi di bogor

Museum Zoologi (iqbalazhari.com)

Di museum ini, ada berbagai koleksi fauna yang diawetkan seperti mamalia, unggas, reptil, ikan, serangga, hingga replikas fosil hewan purba. Orangtua pun tidak akan sulit untuk memberikan penjelasan tentang masing-masing hewan yang ada di sana karena sudah terdapat keterangan yang cukup jelas.

Dengan membawa anak bermain di tempat ini, artinya kamu telah menghadirkan calon peneliti dan pecinta binatang di masa depan. Tempatnya pun sangat bersih, nyaman, dan aman untuk anak.

Taman Budaya Sentul City

Kawasan Sentul City adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Di sana ada pemandangan pegunungan yang indah dan sejuk, serta berbagai tempat wisata yang cocok untuk anak. Salah satunya adalah Taman Budaya.

tempat wisata edukatif di bogor

Outbond di Taman Budaya Sentul City (i.imgbox.com)

Di taman ini, anak-anak bisa merasakan berbagai wahana permainan outbond khusus anak yang dipandu langsung oleh instruktur porfesional. Antara lain, flying fox, high ropes, trampoline, memanah, dan menembak. Anak-anak pun bisa bermain sambil belajar membuat batik, kerajinan tanah liat, melukis, berkuda, dan menaiki becak mini.

Selain itu, ada juga serangkaian program menarik untuk anak seperti Kids Army, Army Camp, dan wisata budaya tentunya. Menariknya, kegiatan anak-anak tidak akan bercampur dengan kegiatan orang dewasa karena Taman Budaya memiliki tiga area yang dibagi berdasarkan umur.

Kampung Horta

Kampung yang ada di Ciomas ini bukan sekedar tepat wisata biasa. Di sini, anak-anak akan mengikuti sejumlah pelatihan dengan metode yang menyenangkan.

tempat wisata edukatif di bogor yang asyik

Bermain dengan Alam di Kampung Horta (3.bp.blogspot.com)

Berbagai pelatihan yang bisa dikuti oleh anak-anak antara lain membuat boneka horta, batik, telur asin, kue tradisional, layang-layang, kerajinan tanah liat, topi petani, dan minuman cincau. Di sini pun para peserta akan diberi pemahaman tentang teknik dasar sablon manual, menanam pohon secara hidropinik, serti biopori dan pengomposan sampah organik.

Peserta pun bisa berkenalan dengan ekosistem sawah dan air tawar lewat sebuah permainan yang seru seperti lomba menangkapikan, memandikan kerbau, sampai tarik tambang. Jadi, anak-anak bisa bermain sambil mengasah kreatifitas, belajar mengenai lingkungan dan budaya, dan bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Kampung Wisata Cinangneng

Kalau kamu mau mengajak anak untuk bermain sambil mengenalkan mereka dengan kehidupan pedesaan, datang saja ke Kampung Wisata Cinangneng yang ada di Cihideung Udik, Ciampea. Kampung wisata ini punya program menarik untuk anak-anak dan orang dewasa dari perkotaan sekalipun yang rindu atau ingin mengenal kehidupan desa lebih dalam. Diantaranya ada program Pulang Kampung, Saya Dari Desa, danĀ  program ronda.

tempat wisata edukatif di cinangneng

Kampung Wisata Cinangneng (4.bp.blogspot.com)

Di sini, pengunjung akan diajak untuk melihat kehidupan pedesaaan yang tentram, melihat industri kreatif yang ada di desa, belajar menari, membuat wayang dari daun singkong, melukis topi caping, membuat makanan dan minuman tradisional, menanam padi, sampai memandikan kerbau. Kamu tinggal pilih program apa saja yang paling cocok untuk anak.

Para pengunjung pun tidak akan dilepas begitu saja. Ada seorang pemandu yang selalu setia mendampingi. Tapi biasanya, program yang ada di kampung ini hanya bisa kamu lakukan jika datang secara berkelompok dalam jumlah minimal yang ditentukan pengelola.

Sebenarnya, di Bogor masih banyak tempat wisata edukatif yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga seperti Taman Safari atau Bukit Hambalang. makanya, kamu tidak perlu bingung jika ingin mengajak keluarga liburan di Bogor. Jadi, buat rencana liburan di Bogor sekarang juga. Lalu jangan lupa, Cari hotel di situs Reservasi.com supaya kamu bisa mendapat kamar hotel terbaik dengan harga yang murah.

Comments